Resep Pain Viennois Homemade Super Lembut ala Bakery

Vienna bread atau pain viennois adalah roti dengan desain garis-garis versi condensed milk bread yang menggiurkan dan sangat lezat yang tidak boleh terlewatkan untuk dicoba di rumah. Vienna bread atau pain de viennois ini merupakan jenis soft baguette yang populer disajikan sebagai sandwich atau roti yang disajikan bersama sup.

Bagaimana rasanya roti vienna atau pain viennois?

Roti vienna dapat dibuat dalam bentuk gulungan atau baguettes (roti slits). Tekstur roti ini lebih lembut dibandingkan dengan roti tradisional Eropa seperti baguettes Itali dan Perancis. Selain itu roti ini juga memiliki tekstur yang mulus dengan bentuk slits (garis-garis) yang padat serta rasanya yang manis. Karena bentuknya yang garis-garis, roti ini juga terkenal dengan sebutan roti sisir.

Bagaimana cara menyajikan vienna bread rolls atau pain viennois?

Resep Pain Viennois
Belahan pain viennois by @rondut

Kamu dapat membuat roti panggang (toasts), roti lapis keju panggang atau sandwich dengan isian favorit seperti sosis, smoked beef, telur ceplok, atau isian manis seperti cokelat, selai kacang, selai stroberry dan juga irisan buah-buahan segar. Selain diolah Kamu juga dapat menyajikan pain viennois sebagai makanan pelengkap yang dimakan bersama cream soup (sup krim), atau di panggang begitu saja lalu dimakan dengan pasta.

Tak hanya itu kamu juga dapat membuat roti bakar dengan cara memberikan olesan butter atau mentega ditengah-tengah roti kemudian dipanggang hingga matang. Percayalah aroma roti ini sangat menggoda dan cocok untuk sarapan pagi bersama keluarga tercinta.

Resep Pain Viennois (Vienna Baguette)

Boleh tambahkan gula sebanyak 50gram ke resep pain viennois supaya roti menjadi golden brown. Jangan skip butter karena bahan ini berperan penting agar texture roti lebih lembut dan empuk.
Waktu Persiapan2 hrs
Cook Time30 menit
Total Waktu2 hrs 30 menit
Tipe: Camilan
Masakan: American
Kata Kunci: cara membuat roti slits, resep pain viennois, vienna baguette
Penyajian: 6 Porsi
Kalori: 274kcal

Bahan-bahan

Bahan Pain Viennois

  • 355 gram Tepung protein tinggi (aku pakai Komachi)
  • 180 ml Air atau susu (aku pakai susu cair)
  • 115 gram Susu kental manis
  • 6 gram Ragi
  • 3 gram Garam
  • 30 gram Butter (aku pakai wisjman)

Langkah Pembuatan

Cara Membuat Pain Viennois

  • Campur susu cair dan susu kental manis, masukkan ragi, aduk rata. Masukkan tepung, uleni atau mixer sampai setengah kalis. Masukkan garam dan butter, uleni atau mixer sampai kalis elastis windowpane test. Bagi adonan menjadi 6 bulatan. Lalu istirahatkan adonan selama 30 menit.
  • Selanjutnya ambil 1 adonan, gilas memanjang lalu gulung.
  • Lakukan sampai selesai, kemudian istirahatkan kembali sampai adonan mengembang kira-kira selama 1 jam. (tergantung cuaca ya), lalu slits adonan dengan bantuan silet roti).
  • Panggang dalam oven suhu 175°C api atas bawah selama 30 menit atau sampai matang. Silahkan sesuaikan dengan oven masing-masing.
  • Setelah matang, keluarkan dari loyang.
  • Roti siap disajikan.

Resep Pain Viennois

Resep-Pain-Viennois

Memang harus sabar saat membuat resep pain viennois yang rotinya sering dijual di toko roti ternama seperti Breaktalk. Sebab harus mendiamkan adonan agar adonan dapat mengembang dengan baik. Tapi kalau dah lihat hasilnya dijamin rasa lelah pun akan hilang dalam sekejab.

Untuk silet rotinya aku beli di toko oren, bagi teman-teman yang kesusahan mencarinya bisa beli disini Pisau Silet Roti di Shopee Diskon dan Gratis Ongkir.

Ingin punya Loyang Baguette dengan harga terjangkau, mudah dibersihkan, mudah digunakan dengan ketahanan dan bahan standar tinggi? Dapatkan Loyang Roti Baguette, Roti Panjang, Cetakan Gelombang Roti Prancis di Shopee Diskon dan Gratis Ongkir. Sekarang juga!