Resep Kremesan Ayam Gurih Kriuk Bersarang dan Anti Gagal Cukup 5 Bahan

Siapa yang masih belum pernah bikin kremesan? Atau sudah pernah bikin tapi hasilnya belum memuaskan karena kurang kriuk dan tidak bersarang? Hayuk sekarang coba bikin lagi yuk! Lumayan buat teman makan sederhana yang bikin gagal diet. Apa lagi buat anak-anak, makanya pada lahab banget lho Moms!

Hasil dari resep kremesan ayam ini super juara sedapnya, gurih kriuk cocok untuk kremesan ayam goreng, bebek dan tempe tahu goreng.

Baca juga: Resep Tahu Walik Krispi Khas Banyuwangi Cukup 4 Langkah

Cara membuat kremesan ayam ini lumayan gampang-gampang susah ya Moms! Soalnya waktu proses menggoreng tidak boleh ditinggal-tinggal, prosesnya juga lumayan sebentar jadi rawan gosong.

Tips supaya hasil kremesannya bagus, adonan bisa dimasukkan ke dalam botol lalu lubangi tutup botolnya atau bisa juga pakai tangan. Kucurkan adonan dengan memutari wajan, biar tidak menumpuk adonannya.

Simak juga: Resep Misoa Goreng Udang Ekonomis Mudah dan Praktis

Kalau adonan di kucurkan memutar wajan, hasilnya dijamin bagus karena banyak sarangnya. Jangan lupa panaskan terlebih dahulu minyaknya, setelah panas baru masukkan adonannya.

Yang mau mencoba resep kremesan ayam ini silahkan ya, di sini saya pakai air sisa ungkep ayam. Kalau tidak ada air ungkepan bisa pakai air biasa. Tapi kalau pakai air biasa harus dibumbui lagi ya, kaya garam ketumbar dll sesuai selera.

Resep Kremesan Ayam

Rasa nikmat menyantap ayam goreng terasa kurang lengkap tanpa adanya kremesan ya Moms! Jadi yuk dibuat kremesannya dengan resep kremesan ayam simple berikut ini.
Waktu Persiapan10 menit
20 menit
Total Waktu30 menit
Tipe: Hidangan Utama
Masakan: Indonesian
Kata Kunci: kremesan, kremesan ayam, resep kremesan
Penyajian: 1 Porsi
Kalori: 260kcal

Bahan-bahan

Bahan Kremesan Ayam

  • 125 gram Tepung tapioka
  • sdm Tepung beras
  • 1 sdt Baking powder
  • 1 butir Telur
  • 375 ml Air ungkepan ayam

Langkah Pembuatan

Langkah Membuat Kremesan Ayam

  • Aduk rata semua bahan kremesan.
  • Goreng di minyak yang banyak dan pastikan sudah panas betul minyaknya. Gunakan api sedang, lalu kecilkan api saat kremesan sudah mulai kokoh agar tidak mudah hangus.
  • Ambil adonan dengan tangan maksimal 5 kali putaran untuk menghasilkan kremesan yang bisa berbentuk lingkaran, aduk selalu setiap kali hendak mengkucurkan adonan ke wajan agar tidak ada adonan yang mengendap. Lipat kremesan jika tepinya sudah mulai kokoh. Goreng sampai kering.
  • Angkat dan tiriskan kremesan di tisu makan supaya hasilnya tidak terlalu berminyak, cepat kering dan kokoh.
  • Simpan kremesan dalam wadah tertutup rapat agar tetap renyah.

Notes

Tips Menggoreng Kremesan:
  1. Gunakan minyak yang banyak. 
  2. Panaskan minyak dengan api sedang, dan kecilkan apinya saat adonan mulai kokoh.
  3. Angkat dan tiriskan adonan dengan tisu supaya kremesan tidak terlalu menyerap banyak minyak.
  4. Boleh tambahkan santan, untuk hasil yang super gurih.
 
Gambar resep kremesan ayam by @mom_emmyxander