Fakta Ibu Hamil Gemuk Yang Harus Diketahui Suami di Trimester 1

Pada saat hamil, ibu hamil membutuhkan energi dan zat gizi tidak hanya untuk kehidupan dirinya sendiri lagi. Tetapi juga kehidupan janin yang sedang bertumbuh dan berkembang di dalam tubuhnya. Janin akan mengambil zat gizi dari simpanan tubuh ibunya sehingga cukup atau tidaknya simpanan itu tergantung pada asupan zat gizi ibu sehari-hari.

Penyebab Ibu Hamil Menjadi Gemuk?

Wanita hamil umumnya menjadi manja dan memanfaatkan moment hamil untuk memuaskan hasrat makan atau nyemilnya. Apalagi ada pendapat yang berkembang di masyarakat umum kalau ibu hamil harus makan dua kali lipat lebih banyak dari biasanya. Padalah pendapat ini kurang tepat karena janin tidak mengutamakan jumlah (kuantitas) makanan, tetapi lebih kepada kualitas atau mutu pada makanan. Seperti kandungan gizi pada makanan tersebut dan zat gizi mikro pada minuman yang berupa vitamin dan mineral.

Fakta Ibu Hamil Gemuk
Ibu hamil @raffinagita1717

Sementara itu, pada awal-awal kehamilan sebagian besar ibu hamil justru mengalami masalah klinis yang terkenal dengan sebutan nyidam berupa mual dan muntah yang akan mempengaruhi asupan zat gizi pada ibu hamil. Keadaan ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi karena adanya perubahan hormonal pada tubuh. Tapi jangan sampai hal ini mempengaruhi nafsu makan ibu hamil. Karena jika asupan zat gizi ibu hamil terbatas, maka akan berisiko melahirkan bayi dengan pertumbuhan dan perkembangan yang tidak sempurna.

Setelah melewati satu semester maka pada kehamilan bulan ke empat dan seterusnya yang dikenal dengan trimester 2 dan 3, nafsu makan ibu hamil mulai membaik. Dalam fase ini kebanyakan ibu hamil cenderung makan berlebihan sehingga mengalami kenaikan berat badan melebihi yang seharusnya. Inilah penyebab ibu hamil gemuk dan membuat berat badan naik drastis saat hamil muda.

Berat badan 90 kg saat hamil harus mendapatkan perhatian yang khusus. Sebab jika hal ini tidak diatasi maka ibu hamil akan berisiko mengalami obesitas, diabetes, hipertensi, serta melahirkan bayi besar yang nantinya menyulitkan saat melahirkan.

Fakta Ibu Hamil Gemuk Sehat
Ibu hamil @raffinagita1717

Oleh sebab itu ibu hamil harus mendapatkan gizi seimbang dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang baik. Bagi ibu hamil yang bekerja dan tidak mungkin menyiapkan makanan sehat, mungkin bisa dibatasi dalam mengkonsumsi jajanan yang tidak baik untuk janin. Misalnya makanan yang digoreng dengan minyak yang dipakai berulang kali, rasa asin yang berlebih, bumbu-bumbu penyedap kekinian, minuman manis dan makanan cepat saji.

Dan saat di rumah ibu hamil dapat membuat menu makan ibu hamil sehat untuk mengurangi berat badan saat hamil. Contohkan dengan membuat minuman segar tanpa gula seperti buah naga yang diblender kemudian diberi chia seed. Buah naga sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil karena salah satu diet untuk ibu hamil trimester 3 yang paling mudah dilakukan. Selain itu manfaat buah naga lainnya adalah:

  1. Melindungi dan menjaga kesehatan sel.
  2. Membantu pertumbuhan dan pekembangan otak.
  3. Mencegah terjadinya sambelit.
  4. Mencegah anemia dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain enak dikonsumsi begitu saja, bentuk penyajian buah naga juga lebih praktis dan mudah disiapkan.

Baca Juga: Resep Salad Buat Camilan Enak Untuk Ibu Hamil

Selain penjelasan di atas, fakta ibu hamil gemuk (gendut) yang harus diketahui suami adalah kurangi karbo. Cara menurunkan berat badan saat hamil 7 bulan dapat coba mengurangi nasi saat hamil. Akan tetapi setiap tubuh berbeda-beda sehingga ibu hamil gemuk harus rajin konsultasi ke Dokter kandungan supaya dapat memantau perkembangan janin dengan baik dan semestinya.

Jangan lupa olahraga dengan rutin berjalan-jalan santai di pagi hari supaya aliran darah lancar dan mudah saat persalinan. Boleh juga dengan mengikuti senam ibu hamil. Tetap jaga kesehatan, perbanyak minum air putih dan semoga selalu diberi kesehatan untuk ibu serta janin. Semangat!