Cara Membuat Tape Singkong dan 3 Tips Anti Gagal

Selain enak, manis dan bertekstur lembut tape singkong juga mempunyai manfaat baik bagi kesehatan. Kandungan probiotik dan asam laknat dalam tape singkong ternyata mampu menangkal bakteri dan meningkatkan performa bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Perlu diketahui pangkal dari segala penyakit berawal dari pencernaan yang tidak sehat. Namun meskipun begitu, tetap ada batas dalam menikmati tape singkong. Kudapan manis ini disarankan dikonsumsi cukup 50 gram dalam sehari. Sebab jika terlalu banyak dikonsumsi takut membuat mabok karena ada kandungan ragi di dalamnya.

Cara Membuat Tape Singkong dan Manfaatnya

  1. Menghangatkan tubuh
  2. Mengurangi jerawat
  3. Superfood untuk pencernaan
  4. Baik untuk otot dan saraf
  5. Sumber probiotik
  6. Sumber energi
  7. Mencegah anemia

Wah ternyata banyak juga manfaat baik dengan mengkonsumsi tape singkong ya?

Baca Juga: Cara Membuat Roti Goreng Isi Daging Cincang

Bdw berbicara tape singkong, umumnya tape singkong ini dimakan begitu saja. Namun tape singkong juga enak dibikin minuman jus yang diberi tambahan susu kental manis dan es batu yang banyak biar segar.

Selain itu, tape singkong juga enak dibuat bolu tape, cake tape, prol tape, isian kue gabin, brownies tape keju, kue apem Jawa, isian molen, pisang coklat isi tape dan masih banyak yang lainnya.

Jangan Lewatkan: Resep Pie Susu Bali dan 5 Tips Agar Hasilnya Gurih Renyah

Bagi yang ingin coba membuat tape singkong sendiri di rumah, kali ini Harianresep.com bagikan resep dan cara membuat tape singkong yang mudah di ikuti step by step proses pembuatannya seperti berikut.

Resep Tape Singkong

Punya singkong yang bingung mau di bikin apa? Coba dibuat tape aja yuk, begini proses pembuatannya bun!
Waktu Persiapan10 menit
Cook Time40 menit
Total Waktu50 menit
Tipe: Dessert
Masakan: Indonesian
Kata Kunci: cara membuat tape singkong, resep tape singkong, tape ragi
Penyajian: 1 Porsi
Kalori: 173kcal

Bahan-bahan

Bahan Tape Singkong

  • kg Singkong / ketela
  • butir Ragi tape
  • Daun pisang secukupnya

Langkah Pembuatan

Cara Membuat Tape Singkong

  • Kupas kulit singkong, potong-potong lalu cuci bersih.
  • Keruk-keruk sekedarnya saja permukaan singkong yang mulus menggunakan pisau, bertujuan agar tape tidak gampang berlendir, cuci lagi hingga bersih.
  • Selanjutnya kukus singkong sampai matang (jangan overcook ya), angkat, biarkan sampai benar-benar dingin.
  • Siapkan ragi, haluskan sampai seperti tepung (raginya bisa dimasukkan plastik lalu tekan-tekan dengan ulekan biar raginya hancur seperti tepung dan tidak ada yang menggumpal).
  • Sediakan wadah cukup besar, alasi dengan daun pisang yang bersih dan kering. Bungkus tangan dengan plastik bersih lalu letakkan sebagian tape ke dalam baskom, dan taburi dengan sebagian ragi.
  • Kemudian letakkan lagi sisa singkong di atasnya, lalu taburi lagi dengan ragi sampai semua singkong terkena ragi merata.
  • Tutup dengan daun pisang yang bersih dan kering, lalu tutup lagi dengan tutup panci, tutup rapat, jangan sekali-kali dibuka ya dan biarkan sampai 2 hari 2 malam.
  • Tape siap dikonsumsi.

Notes

Tips Sukses Membuat Tape Singkong:
  1. Untuk hasil yang enak, lembut, tidak benyek dan manis sebaiknya gunakan singkong mentega atau singkong madu. Jika tidak ada gunakan saja singkong biasa, namun hasilnya kurang manis.
  2. Masukkan ke dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam lemari es untuk penyimpanan yang cukup lama. (bisa bertahan 1 bulan).
  3. Hal yang perlu diperhatikan saat membuat tape ragi adalah peralatan, bahan, tangan dan daun harus bersih.
  4. Jangan pernah menyentuh singkong saat peragian dengan tangan kosong, namun alasi tangan dengan plastik atau sarung tangan bersih supaya tape tidak gagal dan hasilnya bagus, tidak berair dan manis.
 
Gambar tape singkong by @Yulia_tokarmo